Kembali ke Halaman Sebelumnya26 April 2024

Koperasi Astra Komitmen Perkuat Kolaborasi Usaha Untuk Tumbuh Bersama

Koperasi Astra menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2024 di Hall Gedung Koperasi Astra, Jakarta Pusat hari ini (26/4). Rapat yang digelar secara hybrid tersebut dihadiri oleh perwakilan anggota dari berbagai wilayah di Indonesia.

Terdapat sejumlah mata acara dalam gelaran RAT tersebut, yaitu persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan Koperasi Astra untuk tahun buku 2023, persetujuan penggunaan sisa hasil usaha, dan penyampaian Peraturan Menteri Koperasi Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Usaha Simpan Pinjam Koperasi serta persetujuan rencana kerja tahun 2024. Selain itu, RAT mengesahkan perubahan susunan pengawas dan pengurus Koperasi Astra, serta menunjuk kantor akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan Koperasi Astra tahun buku 2024.

Acara diawali dengan sambutan dari Perwakilan Manajemen Astra Aloysius Budi Santoso, dilanjutkan dengan sambutan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Teten Masduki melalui tayangan video. Acara dihadiri oleh Ketua Umum Koperasi Astra serta Jajaran Pengawas dan Direksi anak usaha.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Teten Masduki menyampaikan pesan semangat bagi Koperasi Astra untuk terus memperkuat usaha dan bertumbuh bersama anggota. ”Penerapan tata kelola koperasi yang baik akan memaksimalkan kinerja dan kontribusi koperasi pada anggota, serta menjaga keberlangsungan koperasi dalam jangka panjang,” ujarnya.

”Segala inisiatif dan upaya yang telah dilakukan oleh Koperasi Astra bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan memastikan Koperasi Astra terus berkembang, dan memberikan manfaat terbaik bagi seluruh Insan Astra,” ujar Chief Corporate Human Capital Development Astra sekaligus Pengawas Koperasi Astra Aloysius Budi Santoso dalam sambutannya.

Pada RAT tersebut, disampaikan informasi mengenai data jumlah anggota per 31 Desember 2023 sebanyak 66.179 orang, setara dengan 40,96% dari jumlah karyawan tetap perusahaan Grup Astra yang berjumlah 161.563 orang. Selain itu, disampaikan juga informasi peningkatan atas kinerja penyaluran pinjaman pada tahun 2023, yaitu total penyaluran pinjaman mencapai Rp414,35 miliar atau meningkat sebesar 14,97% dari tahun sebelumnya sebesar Rp360,41 miliar.

Dari kinerja keuangan, jumlah aset Koperasi Astra pada akhir tahun 2023 mencapai Rp1,41 triliun, meningkat 3,14% dari tahun sebelumnya sebesar Rp1,37 triliun. Selain itu, nilai SHU setelah pajak mengalami peningkatan sebesar 17,05%, dari Rp54,38 miliar pada tahun 2022 menjadi Rp63,65 miliar pada tahun 2023.

Dari penyaluran beasiswa, dilaporkan sebanyak 3.278 anak anggota mendapatkan beasiswa dari Koperasi Astra dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp5,83 miliar. Beasiswa dibagikan kepada putra-putri anggota mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi. Program ini merupakan salah satu upaya Koperasi Astra untuk membangun kesejahteraan anggota.

Upaya pengembangan secara konsisten terus dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi anggota, salah satunya melalui pengembangan Koperasi Astra Apps. Baru-baru ini, Koperasi Astra merilis fitur baru di aplikasi, yaitu KAI Points. KAI Points merupakan fitur reward point yang dapat dikumpulkan oleh anggota dan dapat digunakan untuk bertransaksi di aplikasi. Fitur ini semakin mempermudah anggota untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Koperasi Astra. Koperasi Astra membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) berdasarkan status keanggotaan terdaftar dalam bentuk KAI Points.

Selain itu, Koperasi Astra berupaya meningkatkan kolaborasi dengan perusahaan maupun koperasi unit di lingkungan Astra dan kemitraan di luar lingkungan Astra. Kolaborasi dengan Grup Astra pada tahun 2023 diwujudkan melalui pemberian fasilitas pinjaman modal kerja, penyelenggaraan forum komunikasi, dan penyediaan kebutuhan anggota berupa program Kredit Pemilikan Sepeda Motor (KPSM). Sedangkan kolaborasi di luar Grup Astra dilakukan melalui program pemenuhan perangkat kerja yang menjadi kebutuhan anggota.

Kontribusi Sosial Koperasi Astra

Koperasi Astra memiliki program Social Responsibility dengan nama “KAI Peduli” untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, serta secara aktif memberikan dampak sosial bagi lingkungan Grup Astra. Dalam pelaksanaannya, kegiatan KAI Peduli memiliki program “Kampung Berseri Koperasi Astra”.

Kampung Berseri Koperasi Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Koperasi Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan (KAI Cerdas), Kewirausahaan (KAI Kreatif), Lingkungan (KAI Segar) dan Kesehatan (KAI Sehat). Empat pilar tersebut saat ini dilaksanakan di dua perumahan yang mayoritas ditempati karyawan Grup Astra.

Kontribusi sosial Koperasi Astra pada tahun 2023 difokuskan pada pilar kesehatan dan pendidikan. Pada pilar kesehatan, Koperasi Astra mengadakan kegiatan donor darah yang berkolaborasi dengan Posyandu Sari Melati IV di Kampung Berseri Koperasi Astra (KBKA) Trias, Kabupaten Bekasi. Koperasi Astra juga memfasilitasi dan memberikan bantuan alat kesehatan berupa alat antropometri untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas posyandu, posbindu, dan posyandu lansia di KBKA Trias serta KBKA Klari di Kabupaten Karawang.

Pada pilar pendidikan, Koperasi Astra melakukan perbaikan sarana belajar di PAUD KBKA Trias sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas PAUD untuk mendukung penilaian akreditasi lembaga pendidikan tersebut yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini & Pendidikan Non Formal (BAN PAUD & PNF).

Share this News