Kembali ke Halaman Sebelumnya10 Oktober 2024

Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra, Agus Baskoro, Raih Penghargaan Tokoh Koperasi Indonesia 2024

Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra Agus Baskoro dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Koperasi Indonesia Tahun 2024 di sektor Koperasi Karyawan oleh Majalah Peluang. Agus Baskoro merupakan salah satu dari enam tokoh koperasi yang diakui atas prestasi luar biasa dalam mengelola koperasi masing-masing. Penghargaan ini diberikan dalam acara peluncuran buku Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia, karya Irsyad Muchtar, Pemimpin Redaksi Majalah Peluang, yang berlangsung di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan (10/10). Buku tersebut menyoroti tokoh-tokoh berpengaruh dalam dunia koperasi yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan koperasi di Indonesia.


Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi Agus Baskoro dalam memimpin Koperasi Astra, yang telah menjadi contoh keberhasilan di dunia koperasi. Di bawah kepemimpinannya, Koperasi Astra tidak hanya berhasil meningkatkan kesejahteraan anggota, tetapi juga menjadi model bagi koperasi lain dalam hal inovasi, tata kelola, dan kontribusi sosial. Hal ini menegaskan komitmen Koperasi Astra dalam memajukan pertumbuhan perkoperasian Indonesia melalui semangat gotong royong dan pemberdayaan anggota.


Kinerja Koperasi Astra yang kuat terlihat jelas, di mana nilai aset naik 3,14% dari Rp1,37 triliun pada 2022 menjadi Rp1,41 triliun pada 2023. Lebih lanjut, Sisa Hasil Usaha (SHU) yang seringkali menjadi parameter kesejahteraan anggota, mengalami lonjakan 17,05% dari Rp54,38 miliar pada 2022 menjadi Rp63,65 miliar pada 2023.


Di bawah kepemimpinan Agus Baskoro, Koperasi Astra terus mengembangkan program-program unggulan, termasuk inovasi digital melalui Koperasi Astra Apps. Aplikasi ini memudahkan anggota dalam mengakses layanan koperasi, dan kini dilengkapi dengan fitur Koperasi Astra Points, sebuah sistem poin reward yang dapat dikumpulkan dan digunakan untuk bertransaksi di aplikasi. Inovasi ini semakin memperkuat posisi Koperasi Astra sebagai salah satu koperasi karyawan terkemuka di Indonesia dengan jumlah anggota 66.179 orang (per tahun 2023).


Agus Baskoro menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan ini dan berterima kasih kepada seluruh anggota serta jajaran pengawas dan pengurus Koperasi Astra yang telah bekerja sama dan memberikan dukungan. "Penghargaan ini merupakan sebuah tanggung jawab -- tanggung jawab untuk terus berkembang, belajar dan berinovasi, serta berkontribusi lebih banyak lagi untuk mewujudkan misi kami, yaitu membangun kesejahteraan anggota," ujar Agus dalam sambutannya.


Dengan pencapaian ini, Agus Baskoro berharap Koperasi Astra dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan menjadi inspirasi bagi koperasi-koperasi lainnya di Indonesia.


Share this News